Mulai Produksi, Jet Li – Gong Li Gabung Proyek ‘MULAN’

Mengikuti jejak sukses MALEFICENT dan BEAUTY AND THE BEAST, Disney tampak serius betul menggarap MULAN. Film live action yang diangkat dari animasi berjudul sama rilisan 1998 itu bahkan menggaet sederet aktor dan aktris dataran China papan atas. Sebelumnya pada akhir November 2017 lalu, Disney menyatakan bahwa aktris cantik asal China, Liu Yifei atau yang dikenal sebagai Cyrstal Liu, sudah memastikan diri untuk mengisi peran utama sebagai Hua Mulan.

 

Terpilihnya Crystal ternyata hasil audisi dari lebih dari 1.000 kandidat lain. Bukan tanpa king top toto wap alasan kenapa Disney memilih Crystal sebagai Princess Disney yang berdandan sebagai prajurit pria itu, karena dirinya menguasai keahlian bela diri sekaligus bahasa Inggris.Dikenal sebagai sebagai brand ambassador Dior, Tissot, Garnier dan Pantene, Crystal punya imej yang sangat bagus di industri entertainment Asia. Filmnya yang dia bintangi dengan si ganteng Yang Yang, ONCE UPON A TIME’S mampu sukses besar dengan meraih USD 82,3 juta di China.

 

Setelah memperoleh pemeran Mulan, Disney semakin menambah antusias dengan bergabungnya salah satu aktor legendaris China, Jet Li. Hollywood Reporter melaporkan jika Jet Li akan berperan sebagai Kaisar China yang memberi perintah wajib militer bagi setiap keluarga untuk mengirimkan satu anggota laki-laki. Di mana perintah itulah yang akan membuat Mulan nekat menggantikan sang ayah yang sakit-sakitan ke medan perang. Ini akan jadi kali kedua bagi Jet Li bekerja sama dengan Crystal setelah THE FORBIDDEN KINGDOM.

 

Nama lain yang masuk dalam proyek MULAN adalah aktris Gong Li. Gong Li dikabarkan akan mengisi peran antagonis. Hal ini tentu cukup berbeda dari film animasinya, di mana pemeran antagonisnya dulu adalah seorang pria bernama Shan Yu. Shan Yu diceritakan sebagai merupakan pemimpin pasukan pemberontak pemerintahan China dan nantinya akan terlibat duel satu lawan satu dengan Mulan.

 

Donnie Yen Juga Ikut Terlibat ‘MULAN’

 

Sebelum Jet Li dan Gong Li resmi bergabung, Disney sudah memastikan kalau aktor laga Donnie Yen ikut dalam keluarga besar MULAN. Hal ini membuat proyek MULAN akan terlepas dari isu white-washing, sebuah istilah di manaseluruh aktor dan aktris berkulit putih padahal cerita dan tokohnya berlatar budaya Asia/Afrika. Berbeda dengan Jet Li dan Gong Li, belum bisa dipastikan peran apa yang diisi oleh Donnie. Melihat kemampuan hebatnya dalam bela diri, apakah Donnie akan Fa Zhou, ayah dari Mulan atau Jenderal Li, ayah dari kapten Li Shang.

 

Sekedar mengingatkan, Li Shang adalah pemimpin pasukan di mana Mulan bergabung dan mengaku bernama Ping. Li Shang sendiri akan jatuh hati pada Mulan setelah tahu identitasnya yang asli.Berbeda dengan Mulan yang sudah pasti diperankan Crystal, Disney belum memiliki kepastian siapa aktor tampan pemeran Li Shang. Selain Li Shang, karakter lain yang masih menanti pemeran adalah penasehat Kaisar China yang menyebalkan, Chi Fu dan tentunya naga imut Mushu yang di film animasinya disulih suarakan oleh komedian Eddie Murphy.

 

Disney Tunda Perilisan ‘MULAN’

 

Pada awalnya Disney menargetkan jika MULAN mampu dirilis pada 2 November 2018. Hanya saja rencana itu mendadak diubah oleh Disney karena jadwal perilisan MULAN justru diundur cukup jauh yakni hingga 27 Maret 2020.Proses syuting pun ditunda menjadi bulan Agustus 2018 dengan mengambil lokasi di China dan Selandia Baru.