Restoran Indonesia Wayan Menjadi Finalis Restaurant of The Year

Restoran Indonesia Wayan yang berada di Manhattan, New York berhasil masuk sebagai finalis The Eater Awards 2019 pada kategori Restaurant of the Year (Restoran Terbaik Tahun Ini).Eater Awards sendiri adalah penghargaan tahunan yang dianugerahkan oleh Eater, media makanan terkemuka di Amerika Serikat.Media tersebut kerap menjadi rujukan bagi masyarakat Amerika yang berniat mencari rekomendasi tempat bersantap.

 

Sekilas tentang Restoran Wayan

Koki sekaligus pendiri restoran tersebut, Cedric Vongerichten mengatakan bahwa nama Wayan pada restorannya diambil dari nama sang istri yang asli Bali. Bisnisnya terbilang tak memiliki saingan di Manhattan karena hampir taka da restoran yang menyediakan hidangan khas Indonesia. Selain memiliki restoran di Manhattan, Cedric juga membuka sebuah restoran lagi di Jakarta yang diberi nama Vong Kitchen.

 

Lebih jauh dia menjelaskan bahwa hidangan yang disajikannya di Restoran Wayan adalah makanan Indonesia namun diberi sedikit sentuhan citarasa modern ala Prancis. Berbagai menu Indonesia yang dapat dipilih di restoran ini adalah pepes ikan, sop buntut, nasi goreng, gado-gado bahkan hingga tumpeng. Cedric mengatakan bahwa menu gado-gado yang dia sedikaan di Manhattan tentu tampilannya tidak seperti gado-gado yang biasa kita santap karena akan sulit diterima masyarakat.

 

Tak hanya dari segi tampilan, Cedric mengaku bahwa dirinya juga harus menyesuaikan rempah, bumbu, serta bahan masakan tradisional Indonesia yang pasti sangat sulit ditemukan di luar negeri.Cedric juga mengatakan bahwa awalnya dia kesulitan menemukan bumbu masak dengan citarasa yang kuat seperti di Indonesia.

 

Restoran yang baru dibuka di bulan Februari 2019 tersebut diakuinya mendapat sambutan hangat dari masyarakat.Tak sedikit yang merasa penasaran untuk mencoba menu makanan di Wayan, mulai dari masyarakat local hingga media kuliner. Competitor Wayan pada ajang The Eater Awards 2019 ini adalah Rezdora, Kawi, Llama San, dan Haenyeo.

 

Kategori kuliner lain yang juga diperlombakan adalah Design of the Year atau Desain Restoran Terbaik, dan Best Bakery of the Year atau Bakery Terbaik.

 

Daftar makanan Indonesia yang disukai masyarakat mancanegara

Sejatinya tak terlalu mengherankan bahwa hidangan Indonesia diminati oleh masyarakat Manhattan, Amerika Serikat, karena sejak lama kuliner Indonesia selalu mendapat antusiasme luar biasa di mancenegara. Inilah beberapa hidangan yang banyak difavoritkan orang asing.

  • Gado-gado

Salad Indonesia ini sangat popular di mancanegara, termasuk di kota Napoli, Italia. Menu tersebut bahkan pernah meraih gelar juara pada kompetisi kuliner internasional dengan penilaian dari unsur estetika atau tampilan, citarasa yang lezat, serta bahan-bahan yang digunakan terbilang unik.

 

  • Sop buntut

Masyarakat Spanyol ternyata sangat menyukai hidangan sop buntut bahkan sejak nenek moyang mereka singgah ke tanah air. demikian pula saat kedutaan Indonesia di Negara tersebut memperkenalkan sop buntut sebagai salah satu kuliner tanah air, masyarakat Spanyol menyambut dengan antusias.

  • Tempe

Hidangan yang dibuat dari kacang kedelai ini ternyata sangat disukai oleh masyarakat Jepang dan Amerika.Namun di Amerika makanan yang hampir setiap hari kita santap ini disebut Tempeh.

  • Rendang

Tentu tidak ada yang menyangkal kelezatan hidangan khas Sumatera Barat ini. Beberapa waktu yang lalu Rendang bahkan sempat dinobatkan sebagai makanan terlezat di dunia menglahkan puluhan hidangan paling tersohor dari Negara-negara lain.

  • Nasi goreng

Walaupun banyak Negara yang memiliki menu tersebut, tetapi nasi goreng Indonesia dinilai sangat unik dota777 dengan bumbu-bumbu rempahnya yang bercitarasa sedikit tajam.